Saturday, June 25, 2016

Kumpulan Mahkluk Mitologi Seluruh Dunia

1.Pegasus


Pegasus adalah seekor kuda yang memiliki sayap putih lebar dalam mitologi yunani disebutkan bahwa pegasus lahir dari darah medusa saat Perseus memenggal kepalanya. Disebutkan juga bahwa Pegasus ditunggangi oleh Bellerophon  untuk melawan Chimera. Pegasus adalah kuda yang mempunyai sayap dan penerbang yang unggul. Pegasus adalah hasil dari hubungan Medusa dan Poseidon yang menyakitkan. Lahir dari Medusa ketika kepalanya diportong oleh Perseus. Dijinakkan oleh Bellerophon dan melayaninya di gunungnya selama petualangannya termasuk ketika Bellerophon membunuh chimamera, ketika Bellerophon ingin menerbangkan Pegasus ke gunung Olympus, dia dihempaskan oleh Zeus. Tetapi Pegasus tetap terbang dan berhasil tiba di gunung Olympus. Disinilah Pegasus menghabiskan hari-harinya dengan membawakan petir untuk Zeus.

2. Dragon

Dragon atau naga adalah hewan dengan ukuran yang sngat menakjubkan. Mereka berbentuk reptil dan terkadang memiliki beberapa kepala dan dapat menghembuskan nafas api Naga dipercaya dapat ditaklukkan lewat musik. Naga juga disebut-sebut sebagai dewa oleh beberapa suku.

3.Harpies


Harpy, di mitologi yunani diceritakan bahwa harpy adalah hewan bersayap yang memiliki tubuh seperti burung elang dan memiliki kepala wanita. Legenda menceritakan bahwa harpy suka mencuri tubuh orang mati, menyebarkan bau busuk dan meracuni makanan di desa-desa yang dilewatinya.


4. Griffin

 

Griffin adalah hewan legenda yang memiliki sayap seekor elang dan kaki seekor singa. Disebut sebagai burung terbesar dan menjadi hewan yang sangat sakral untuk dewa Apollo dan Griffin juga merupakan hewan penjaga matahari. Mahkluk ini terlihat pada saat peradaban Minoan (2700-1450 SM).


5.WereWolf

 

WereWolf pada dasarnya adalah seorang manusia yang memiliki kemampuan untuk "berubah Wujud" ke bentuk hewan, terutama kebentuk serigala Werewolf bisa berubah berdasarkan keinginan sendiri atau dorongan dari luar, seperti bulan purnama. Orang  dapat menjadi WereWolf akibat gigitan dari WereWolf atau turunan dari lahir (anak dari Werewolf). Mahkluk ini memiliki regenerasi yang sangat hebat, sehingga mereka tidak menjadi tua, tapi ini tidak membuat mereka abadi. Menusuk jantung atau otaknya dapat membunuh mereka.

6. Loch Ness

Loch Ness adalah legenda yang berasal dari Scotlandia. dan dilaporkan bahwa lochness adalah hewan dari jaman dinosaurus yang berhasil bertahan dari ledakan meteor dan masih hidup hingga kini. DItemukan di Scotlandia pada tahun 1930. Lochness diperkirakan memiliki panjang tubuh 45 kaki dengan kulit kasar dan warna coklat gelap. Beberapa orang percaya kalau Lochness adalah plesiosaurus, walaupun sampai sekarang belum ada bukti yang memadai tentang adanya Lochness atau tidak.

7.Troll

Troll berasal dari Legenda Scandinavia yang menyebabkan bahwa troll adalah roh yang hidup dalam goa di dalam pegunungan. Saat malam tiba, mereka akan keluar untuk menculik wanita dan anak-anak. Ada dua macam troll, Giant yang berukuran raksasa, dan dwarf yang berukuran kecil.

8.Cerberus


Berdasarkan mitos Yunani, Cerberus adalah anjing raksasa berkepala 3 yang menjaga pintu masuk ke Hades Cerberus adalah anak dari Typhon dan Echidna Dalam Legenda Yunani disebutkan bahwa Orpheus,Aeneas dan Odysseus mampu melewati Cerberus dan masuk ke dunia bawah tanah atau Hades

9.Nagini


Umumnya orang indonesia mengenal yang disebut Naga adalah Dragon. Namun Naga sendiri sebenarnya adalah Mahkluk mitologis yang berbeda dengan Dragon. Naga muncul pada kebudayaan Hindu dan Buddha, kemungkinan berasal dari daerah India dan sekitarnya. Naga adalah mahkluk setengah ular. Setengah manusia, terkadang digambarkan sebagai ular raksasa. Yang laki-laki disebut Naga, sedangkan versi perempuannya disebut Nagini. Naga sering dianggap sebagai entitas yang bersifat jahat, namun tidak jarang juga dianggap sebagai penjaga sungai atau danau.

10.Echidna

Echidna adalah mahkluk mitologi Yunani, sering digambarkan sebagai perempuansetengah ular yang tinggal di dalam gua. Bersama suaminya Typhon, Echidna melahirkan berbagai jenis mahkluk mengerikan yang muncul di mitologi Yunani, karena itu Echidna mendapat sebutan Mother of All Mothers. Echidna dan Typhon pernah berperang melawan dewa-dewa olympus, namun kalah. Typhon  kemudian disegel dibawah gunung Rtna. Sementara Echidna dan anak-anaknya dibiarkan lepas untuk menjadi tantangan bagi para pahlawan Yunani berikutnya. Namun pada akhirnya Echidya dibunuh oleh Argus Panoptes, titan bermata seratus.


11.Mermaid


Mermaid (atau Mermain untuk laki-laki) telah cibicarakan sejak 5000 SM. Bahkan Christoper Colombus mengatakan pernah melihatnya didalam perjalanannya. Dalam cerita dongeng Inggris mereka dianggap sebagai peringatan akan kutukan atau bencana.


12.Gorgon


Gorgon adalah wanita jahat dengan gigi taring dan ular hidup sebagai pengganti rambutnya. Legenda mengatakan jika orang melihat muka Gorgon maka akan berubah menjadi batu. Kemungkinan Gorgon yang paling terkenal adalah Medusa yang merupakan satu-satunya wanita yang paling besar diantara 3 bersaudara (yang lain adalah Stheno dan Eurtale). Karena Medusa besar sekali. Perseus hanya bisa membunuhnya dengan memotong kepalanya selagi ia melihat bayangannya sendiri di perisai Perseus. Gambaran Gorgon digunakan Yunani untuk menggambarkan kejahatan.


13.Medusa


Medusa memulai hidup sebagai anak perempuan yang sangat menyenangkan sehingga membuat Athena cemburu. Kecantikan Medusa menarik perhatian Poseidon. Dia merayu Medusa, tetapi sayangnya dia melakukannya di kuil Athena. Hal ini mebuat Athena sangat marah. Ia lalu merubah Medusa menjadi Gorgon. Karena Medusa sebenarnya adalah manusia, maka ia tidak abadi. Dirasa hukuman belum cukup. Athena membantu Perseus untuk memburu dan membunuh Medusa ketika Perseus memotong kepalanya, Pegasus dan Chrysaor  anak Medusa dengan Poseidon terkuak. Darah Medusa jatuh dipadang pasir Lybian dan berubah menjadi ular. Nantinya salah satu dari ular tersebut membunuh Mopsus.


14.Dryad (Peri Hutan)


Dryad adalah mahkluk legendaris dari mitologi Yunani. Menurut mitologi Yunani. Dryad merupakan mahkluk, atau semacam peri, yang menghuni tumbuh-tumbuhan, berwujud wanita. Dalam bahasa Yunani istilah srupa ,drys, berarti pohon oak. Dari kata ini timbul pengertian mengenai Dryad yakni kaum Nymph yang hidup dalam tumbuh-tumbuhan, Istilah tersebut sering dipakai untuk menyebut kaum Nymph yang tinggal dalam pepohonan secara umum. Karakter Dryad dari mitologi yunani muncul dalam kisah fantasi The Chronicles of Narnia sebagai spirit berwujud wanita yang berasal dari pepohonan.

15.Ogre


Ogre biasanya digambarkan sebagai raksasa, jahat dan seperti monster. Kita bisaanya menemui cerita tentang Ogre di dongeng dan cerita rakyat. Jika dalam dunia seni Ogre digambarkan dengan kepala yang besar, berambut dan berjenggot panjang, rakus, dan mempunyai badan yang kuat. Dan dalam ceritanya juga mereka sering menggangu manusia.

16.Samael


Samael adalah salah seorang dari 7 Archangel dalam mitologi yang tersebar di daerah Palestina Kuno. Samael diceritakan sebagai malikat yang baik sekaligus jahat. Nama Samael berarti "Poison of God". Terkadang Samael juga mendapat sebutan sebagai Angel of Death.
Samael merupakan penguasa dari surga tingkat ke 5 dan mengepalai 2 juta malikat lainnya. Samael tinggal di surga tingkat ke 7. Samael disebutkan sebagai figur yang berkelahi dengan Yakub, selain itu juga sebagai figur yang menahan tangan Abrahamwaktu akan mengorbankan anaknya.
Pada mitologi di daerah Palestina kuno, sebelum Eve (Hawa). Adam memiliki istri lain yaitu Lilith. Karena perseteruannya dengan Adam. Lilith dibuang dari Taman Eden. Kemudian Lilith menjadi istri Samael dan melahirkan para pasukan setan, Beberapa sumber menyebutkan bahwa Samael adalah nama asli Lucifer sebelum dia jatuh ke bumi. Ular yang muncul di Taman Eden juga merupakan penjelmaan Samael, karena itu selain digambarkan sebagai malaikat, ia juga digambrkan sebagai ular bersayap.

17.Banshee



Banshee berasal dari mitologi Irlandia biasanya dikenal sebagai roh wanita. Mereka dianggap sebagai malaikat kematian dan diyakini berasal dari dunia lain. Mereka biasanya dikenal sebagai bagian dari penyembahan berhala agama Celtic kuno dimana mereka adalah bawahan Tuhan, Roh, atau nenek moyang. Di Inggris mereka dikenal sebagai peri. Berdasarkan Legenda, Banshee akan berkeluyuran disekitar rumah sambil meraung-raung jika seseorang didalam rumah itu akan meninggal.

18.Cyclops


Cyclops adalah anggota dari ras manusia purba raksasa, yang mempunyai mata ditengah-tengah dahinya. Cyclops digambarkan sebagai Homer dan Hesiod. Berdasarkan pada Hesiod, Cyclops yang bernama Brontes, Steropes, dan Arges adalah anak-anak dari Uranus (langit) dan Gaia (Bumi), sedangkan berdasarkan pada Homer kata Cyclops menuju pada anak laki-laki Poseidon dan Thoosa yang bernama Polyphemus yang adalah Cyclops.

19.Unicorn


Unicorn digambarkan sebagai kuda dengan tanduk panjang dikepalanya, tetapi aslinya mempunyai jenggot seperti kambing, ekor singa, dan kuku ynag membelah. Unicorn adalah satu-satunya mahkluk Legenda yang tidak menakuti manusia, dan biasanya digambarkan sebagai mahkluk yang halus. Diceritakan sangat tidak mungkin untuk menangkap Unicorn. Tanduknya diyakini dapat menetralkan racun. unicorn pertama kali diketahui ketika masa peradaban lembah Indus (3300-1700SM).

20.Phoenix

Phoenix adalah burung api mitologi dari Mesir Kuno dimana digambarkan sebagai burung yang mati oleh api dan dilahirkan kembali dari api. Biasanya digambarkan mempunyai bulu emas dan merah. Pada akhir kehidupannya. Phoenix diceritakan membangun sarang dari ranting kayu manis dimana kemudian terbakar. Burung musnah oleh api tapi kemudian Phoenix baru yang masih muda muncul dari api yang sama. Diyakini masa hidup Phoenix adalah 500-1461 tahun. Airmata Phoenix diyakini bisa menyembuhkan luka.

21.Minoatur


Pada mitologi Yunani, Minotaur mempunyai badan bagian atas banteng dan badan bagian bawah manusia. Dikatakan Minotaur hidup ditengah-tengah labirin dengan jalanan besar yang rumit seperti konstruksi bangunan Raja Minos dari Crete. Didesain oleh Daedalus dan diketahui berada di situs Knossos. Minotaur terlihat singkat pada adegan Satyricon oleh Petronius. Dan dibunuh oleh Theseus.


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Advertising Here 300 x 300

# #

Advertising Here 120 x 120

 photo BANNER-PERSEGI-Recovered_zpsdzvlwrlb.gif  photo Banner-gadis300x300BARU_zpseruwlfpt.gif
 photo BANNER-PERSEGI-Recovered_zpsdzvlwrlb.gif  photo advertising_zps0mkhbjfn.jpg
 photo advertising_zps0mkhbjfn.jpg  photo advertising_zps0mkhbjfn.jpg

Artikel Terbaru

Powered by Blogger.

Contributors

Formulir Kontak



Blog Archive