Friday, August 12, 2016

Hiu Berusia 400 Tahun Ini jadi Hewan Vertebrata Tertua di Dunia


Baru-baru ini ilmuwan menemukan fakta bahwa hiu Greeenland menjadi hewan vertebrata atau bertulang belakang dengan umur tertua di Bumi.

Para peneliti menggunakan penanggalan radiokarbon untuk menentukan usia 28 Hiu Greeenland dan memperkirakan bahwa salah satu betinanya telah berumur 400 tahun.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Science menungkap, hiu Greenland tumbuh hanya 1 sentimeter pertahun dan mencari kematangan seksual pada usia 150 tahun.

Kami memiliki ekspektasi saat sedang menghadapi hewan yang tak biasa, namun aku pikir semua orang yang melakukan penelitian sangat terkejut bahwa hiu ini memiliki umur setua itu, ujar penulis utama sekaligus ahli biologi laut University of Copenhagen.

Sebelumnya, rekor usia vertebrata tertua dipegang oleh paus kepala busur dengan perkiraan umur 211 tahun.

Namun rekor usia terpanjang dipegang oleh hewan invertebrata yaitu sebuah kerang bernama Ming yang berumur 507 tahun.

Menghitung Usia Hiu Greenland


Hiu Greenland merupakan monster besar yang dapat tumbuh hingga 5 meter. Perenang lambat itu dapat ditemukan di perairan dingin dan dalam di Atlantik Utara,

Dengan hidupnya yang santai dan tingkat pertumbuhan lamban, hiu tersebut diyakini dapat hidup lama. Namun, menentukan usia hewan tersebut termasuk pekerjaan yang sulit.

Untuk beberapa ikan, ilmuwan dapat meneliti tulang telinga yang disebut otolith, ketika dipotong. Bagian tersebut menunjukkan pola lingkaran konsentris yang dapat digunakan sebagai penunjuk umur layaknya cincin di batang pohon.

Meskipun menentukan umur hiu lebih sulit, namun untuk beberapa spesies, seperti hiu putih, terdapat jaringan keras yang tumbuh di lapisan tulang belakang mereka untuk dapat menentukan usianya.

Namun hiu Greenland merupakan hiu yang sangat lembut, ia tak pernah memiliki bagian tubuh keras di mana lapisan pertumbuhan disimpan.

Tapi tim peneliti menemukan cara cerdas untuk menemukan usia hiu Greenland.

Lensa mata hiu Greenland tersusun dari materi khusus, dan mengandung protein yang secara metabolisme lembam.





Berarti setelah protein disintetis dalam tubuh, mereka tak diperpanjang lagi. Jadi kita dapat mengisolasi jaringan yang terbentuk ketika hiu itu masih muda dan melakukan penanggalan radiokarbon.

Tim tersebut meneliti 28 hiiu yang sebagian besar mati setelah terjerat jaring ikan.

Menggunakan teknik yang telah dijelaskan, mereka menetapkan bahwa hiu terbesar berjenis kelamin betina dengan panjang 5 meter berusia sangat tua.

karena penangglan radiokarbon tidak menghasiilkan tanggal yang pasti, mereka meyakini bahwa betina itu dapat berusia antara 272 - 512 tahun. dan kemudian tim peneliti pun mengambil jalan tengah, yaitu 400 tahun.


SANADOMINO

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Advertising Here 300 x 300

# #

Advertising Here 120 x 120

 photo BANNER-PERSEGI-Recovered_zpsdzvlwrlb.gif  photo Banner-gadis300x300BARU_zpseruwlfpt.gif
 photo BANNER-PERSEGI-Recovered_zpsdzvlwrlb.gif  photo advertising_zps0mkhbjfn.jpg
 photo advertising_zps0mkhbjfn.jpg  photo advertising_zps0mkhbjfn.jpg

Artikel Terbaru

Powered by Blogger.

Contributors

Formulir Kontak