Monday, May 23, 2016

Hewan Langka Yang Punah Akibat Ulah Manusia

Kali ini kita akan membahas beberapa hewan unik dan langka yang sudah punah akibat ulah manusia. Bahkan beberapa diantaranya masih sempat ditangkap oleh camera,itu berarti sebenarnya kita tetap memiliki kesempatan untuk menyelamatkanmereka dari kepunahan waktu itu. Jadi, semoga saja postingan ini bisa bermanfaat untuk menyadarkan kita semua agar tidak menjadi spesies yang egois.

 1.Moa

Kepunahan mahkluk hidup barangkali merupakan sebuah takdir yang pasti. Kurang lebih 99.99% mahkluk hidup yang pernah ada didunia ini sebenarnya telah punah . Tetapi beda kasusnya seandainya kepunahan itu disebabkan oleh ulah manusia.

Contohnya burung moa ini. Moa, yaitu burung raksasa yang tidak dapat terbang,yang dulunya hidup diwilayah selandia baru. Sangat disayangkan sejak kehadiran suku Maori yang tiba di selandia baru kurang lebih pada tahun 1300an. Burung ini terus diburu dan hanya membutuhkan waktu 100 tahun sampai burung ini akhirnya dinyatakan punah.


2.Great Aux

Great Aux atau dinamakan juga penguin merupakan burung yang endemik, di wilayah inggris, tetapi dinyatakan punah pada tahun1884 akibat diburu oleh manusia. Uniknya, setelah punahnya burung ini, ditemukan burung yang mempunyai ciri-ciri yang mirip oleh para penjelajah kutub selatan.


3.Tasmanian Tiger

Hewan yang bernama latin Thylacine ini dijuluki Tasmanian Tiger dan Tasmanian Wolf oleh para pendatang Eropa, yang serta menyebabkan kepunahan mereka. Diburu, dikarenakan dianggap sebagai penggangu hewan ternak, dan dikarenakan mereka memiliki sifat karnivora. Hewan yang cuma dapat ditemui di pulau Tasmania selatan Australia ini akhirnya benar-benar dinyatakan punah dari muka bumi pada tahun 1936


4.Quagga

Jika kita melihat gambarnya tentu kita akan serentak bilang " WOW". tidak pernah menyangka hewan se unik ini pernah ada, dan hidup di bumi kita ini. Hewan dengan nama latin Equus Quagga ini, sekilas mirip campuran kuda dan zebra, tetapi sebenarnya quagga merupakan spesies yang tidak sama.
Quagga hanya hidup di selatan afrika, dan punah akibat diburu oleh manusia. Quagga terakhir yang hidup di alam bebas, mati ditembak pada tahun 1870, dan Quagga terakhir yang sempat terlihat manusia mati dikebun binatang Amsterdam pada 12 Agustus 1883.


5.Pyrenian ibex

Binatang bertanduk ini awalnya hidup dengan jumblah yang banyak di pegunungan Pyreness. Perancis, Tapi akhirnya karena terus menerus terdesak oleh manusia. Dengan perlahan hewan ini akhirnya menemui kepunahan. Pada tahun 2000.

Pyrenian ibex terakhir di muka bumi ini bernama "Celia" mati, tetapi uniknya celia berhasil di kloning oleh para ilmuwan. Tapi tujuh menit setelah dilahirkan, kloning celia akhirnya mati disebabkan kegagalan pernapasan.

 



Share:

0 komentar:

Post a Comment

Advertising Here 300 x 300

# #

Advertising Here 120 x 120

 photo BANNER-PERSEGI-Recovered_zpsdzvlwrlb.gif  photo Banner-gadis300x300BARU_zpseruwlfpt.gif
 photo BANNER-PERSEGI-Recovered_zpsdzvlwrlb.gif  photo advertising_zps0mkhbjfn.jpg
 photo advertising_zps0mkhbjfn.jpg  photo advertising_zps0mkhbjfn.jpg

Artikel Terbaru

Powered by Blogger.

Contributors

Formulir Kontak